Tuesday 7 June 2016

Merencanakan Lebih Awal #LebihBaik

Saya pernah uring-uringan  ketika Suami mendadak ke luar kota, dan saya lupa untuk bertanya detail jadwal flight-nya. Dan itu terjadi saat sedang ramai-ramainya musibah hilang dan jatuhnya pesawat penumpang komersil. Dan yang bikin semakin gondok, saat pak Suami mengabari jika dia sudah sampai, lalu saya menyela "Aduh Yah, ini tadi sampai mantengin berita TV, khawatir kalau ada berita..." 

Sebelum selesai kalimat saya, pak Suami nyeletuk, "Nggak usah naik pesawat, tidur di rumah kalau waktu yang Allah tentukan tiba ya tiba. Kalau lagi naik pesawat malah kamu enak Dek, dapat asuransi," sambil menyebut angka sekian ratus juta lalu tergelak santai.     

Ya Allah... memang lelaki dikodratkan punya sedikit perasaan ya, nggak tahu istrinya cemas, lah kok malah ngajak becanda. Memang betul sekali, jodoh, rezeki, maut ada di tangan Allah. Tapi sebagai manusia kan ya harus ikhtiar, selalu mawas diri, dan hati-hati. Dan saya juga sangat menyadari dan harus menyiapkan diri, jika suatu saat Allah memberikan cobaan dan ujian dalam bentuk 'kehilangan'. 

Maka, ketika saya tahu Sun Life menyelengarakan seminar dan exhibition roadshow dengan tema "How To Get Profit from Your Hobbies" tangal 29 Mei lalu, saya langsung tertarik. Sebagai istri dan ibu rumah tangga, mendapatkan uang dari hobby sungguh sangat-sangat sesuatu. Jika nanti terjadi hal-hal yang di luar kuasa manusia, maka saya masih bisa survive. 

@SunLife_ID
Ternyata, acara yang di adakan di The Capri Cafe-Pakuwon Trade Centre Surabaya tersebut memberi saya wawasan lebih tentang merancang dan merencanakan keuangan dengan #LebihBaik. Karena acara dibuka dengan sambutan oleh Bapak Kaiser Simanungkalit, AVP Head of Branding & Communication SLFI. 

Kaiser Simanungkalit
Beliau menjelaskan tentang pentingnya asuransi. Karena, menurut data, dari 250 juta lebih penduduk Indonesia hanya 4% yang memahami dan mempunyai asuransi. Hmm... mungkin karena masyarakat kita belum mengerti manfaatnya dan juga sudah males duluan jika dicecar para sales asuransi yang nggak bosan-bosan telpon, jadi bukannya paham malam berasa diteror kan ya? *soalnya saya juga merasakan begitu. 

Karena itu, Sun Life membuat terobosan baru dengan membuat satu sistem, dimana masyarakat tidak akan antipati dan merasa diteror lagi untuk mempelajari apa itu asuransi dan apa manfaatnya. Yaitu #SunLifeFuturePlan yang bertujuan memberikan wawasan untuk merencanakan masa depan lebih baik.  


Karena roda kehidupan selalu berputar, kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari. Biaya pendidikan, dan kesehatan adalah dua hal yang biasanya menjadi prioritas. Jika kita sudah merencanakan sejak awal, dengan menyisihkan sedikit dari penghasilan secara rutin, tentunya ketika nanti diperlukan, kita tidak akan kelabakan dibuatnya. 

Untuk membantu masyarakat, #SunLifeFuturePlan mempersembahkan Bright Advisor, sebuah website yang khusus dirancang sebagai media tempat bertanya seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan dan perencanaan keuangan dan investasi.



Dengan Bright Advisor, kita bisa memilih dan menghitung asuransi yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan kita tanpa takut di kejar-kejar marketing asuransi. Caranya sangat mudah :

1. Buka alamat website : https://www.brightadvisor.co.id/
2.Klik LOGIN kemudian mengisi data-data yang diminta  sesuai petunjuk 
3.  Lalu klik  tulisan DAFTARKAN SAYA
4. Selanjutnya kita sudah bisa mencari informasi dengan memilih program yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita

Masyarakat tidak hanya menghitung dan mengetahui produk-produk Sun Life saja, tapi tersedia juga layanan tanya jawab untuk segala macam pertanyaan dan keluhan. Saran dan kritikan pun bisa disampikan lewat website tersebut. 

Berikutnya giliran mbak Joice Tauris Santi, seorang jurnalis yang kini juga terjun di dunia asuransi. Sejak awal memulai bicara, mbak Joice langsung melempar pertanyaan,"Kapan sebaiknya mulai merencanakan keuangan?"  Jawabannya adalah "Sesegera mungkin!"

Joice Tauris Santi  foto : @SunLife_ID
Karena semakin dini kita berinvestasi, maka semakin besar kesempatan untuk mengakumulasi aset. Lalu bagaimana caranya? Mulai investasi dengan cek pendapatan dan tabungan saat ini *huhu melirik buku tabungan yang meringis. Setelah itu tentukan target, kapan kita akan menikmati hasil investasi. Selain itu, kita juga harus menentukan waktu untuk mencapai target investasi, dan jangan lupa tetap siapkan dana darurat.

Memang awalnya sepertinya kita akan berat melewatinya. Tapi dengan sedikit disiplin, istiqomah menyisihkan pendapatan insyaAllah akan bisa bersenang-senang kemudian. Mbak Joice menambahkan, kita harus melindungi diri dari resiko finansial seperti tiba-tiba kena PHK, kecelakaan, dan kematian (maksudnya bukan menghindari biar tidak menemui kematian, tapi jika hal itu terjadi keluarga tidak akan terlantar karena kehilangan tulang punggung)

Dan semua resiko finansial itu bisa diminimalisasi dengan mentransfernya ke perusahaan asuransi. Bolehlah kita mengikuti gaya hidup yang kekinian, asal selalu ingat jangan sampai besar pasak daripada tiang. Hidup itu harus seimbang, dan kata Simbah saya, "Wong urip iku sawang-sinawang"

Agar ilmunya bisa bermanfaat untuk orang banyak, terutama yang membutuhkan informasi tentang asuransi dan keuangan, mbak Joice mengabadikannya dalam sebuah buku berjudul "Selami Asuransi demi Proteksi Diri"

Kini tiba saat yang ditunggu, mengulik ilmu tentang "Bagaimana mendatangkan uang dari hobi". Aditya Agung seorang blogger dan fotografer yang kini telah sukses menjadi selebgram akan berbagi ilmu dan pengalamannya. 

Aditya Agung  : @SunLife_ID
Siapa yang tak kenal media sosial sekarang ini. Ternyata, jika kita memaksimalkan fungsinya, medsos tidak hanya untuk cuap-cuap nyetatus, atau curcol saja. Media sosial bisa dimanfaatkan untuk membangun self-branding, dan relasi. Dari keduanya, pelan-pelan jaringan bisnis bisa kita bangun.  Kemudian uang pun akan mengalir ke kantong. 

Enak ya bisa bekerja sesui hoby dan passion kita. Kita akan mengerjakannya dengan senang hati, tanpa merasa berat sedikitpun. Bahkan kita bisa mengeksplore dan mengasah kreatifitas kita untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan. Seperti Aditya Agung, dia memanfaatkan dan memaksimalkan media sosial untuk  menyalurkan hoby memotretnya. Dan instagram, adalah media yang dipilihnya. 

Aditnya Agung membocorkan trik dan tips yang selama ini dilakukannya. Sering-seringlah berbagi keunikan hoby dan  passion kita di media sosial, agar banyak orang yang tahu. Karena dunia fotografi yang digeluti, berikut tips foto yang dibagikan,  tangkaplah moment yang diangap unik, cari anggle  yang menurutmu paling bagus. Bagi yang belum punya DSLR *kayak saya, tidak perlu berkecil hati. Manfaatkan semaksimal mungkin kamera yang kamu punya, kamera HP juga oke-oke saja kata beliau, yang penting hasil fotonya enak dilihat. Oh ya satu lagi jangan lupa pakai hastag pada setiap foto yang diunggah, kalau perlu perbanyak hastag.  Semoga saya bisa mempraktekan tipsnya ya mas Aditya, dan bisa menyusul jadi selebgram yang berpenghasilan puluhan juta  :)

@SunLife_ID


Informasi lengkap tentang profile dan produk dari Sun Life Finansial,  bisa diakses lewat website di : www dot sunlife dot co dot id

 follow media sosial Sun Life yaitu : 
- Facebook : Sun Life Financial Indonesia
- Twitter : @SunLife_ID

Semoga bermanfaat, menjadi #LebihBaik dengan merencanakan lebih awal.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...