Monday 23 May 2016

Cara Mengatasi (Gejala) Radang Tenggorokan

Assalamu'alaikum,

Lama sekali nggak oret-oret di sini. Sebenernya buanyak yang pingin ditulis, tapi impian dan keinginan memang tak seindah kenyataan *hallah alasan. Kali ini mau berbagi sedikit tips untuk menghalau rasa tidak nyaman di tenggorokan. Biasanya, rasa tidak enak mendera dan terasa ketika bangun tidur pagi. 

Jika bangun tidur, tenggorokan terasa nggak enak, saya pasti sudah harap-harap cemas. Waduh ini pertanda buruk! Jika saya terlambat mengatasinya, bakalan saya akan di dera sakit yang bikin segala nafsu menghilang. Nafsu makan, nafsu ngomong, nafsu untuk tersenyum, dll bakalan menguap. biasanya kalau sudah 'kasep' (terlambat) ditangani, badan akan meriang selanjutnya diikuti batuk yang sangat menggangu.

Makanya, sebelum terlanjur sebaikya mencegah daripada mengobati. Ini beberapa cara yang biasa saya lakukan untuk mencegah sakit tenggorokan sekaligus  menjaga kebugaran tubuh.



Kumur air hangat yang diberi garam dapur. Begitu bangun tidur di pagi hari, segera berkumur dengan  segelas air hangat yang dicampur satu sendok teh garam. Manfat larutan ini, menarik air dari membran sel di tenggorokan, sehingga mengurangi bengkak atau radang di tengorokan. Ulangi kumur beberapakali sehari. Ehh.. ini cuma buat kumur ya, jangan ditelan. Kumur-kumurnya sampai di pangkal lidah, sampai tengorokan. 


Minum Madu : Siapa yang tidak kenal madu? Madu terkenal sebagai cairan ajaib yang dihasilkan oleh lebah. Sejak zaman Rasulullah, madu sudah dimanfaatkan sebagai obat. Lebih-lebih keajaiban lebah dan madu, termaktub dalam kitab suci Al-Qur'an. Madu adalah salah satu Ramuan Sehat dari Al-Qur'an. Radang tenggorokan disebabkan  oleh virus atau bakteri. Minum segelas air hangat yang dicampur satu sendok makan madu sangat ampuh untuk menghambat pertumbuhan bakteri.  Yang perlu diingat, madu dilarutkan di air hangat, suam-suam kuku, jangan di air panas. Karena akan mematikan enzim dan khasiat baik madu. Minuman ini sebaiknya sesaat setelah bangun pagi dan bisa diulang dua atau tiga kali sehari. 



Minum air hangat + perasaan jeruk nipis : Bagi Food Combiner minuman ini sudah tak asing lagi. Bahkan merupakan minuman ritual wajib setiap bangun pagi.  Buat yang bukan pelaku FC pun minuman ini sangat berkhasiat, untuk menetralisir rasa tidak enak di tenggorokan. Ramuan ini bermanfaat untuk meluruhkan dahak, juga mengurangi peradangan di tenggorokan. Widiih asem banget!  Ya iyalah... tapi percayalah, meskipun asem di mulut, jeruk nipis mempunyai  sifat basa di dalam pencernaan. Justru itu akan membantu menetralkan keasaman lambung di pagi hari. Kalau ingin kecutnya lebih anggun, bisa diganti jeruk lemon. *siap-siap merogoh kantong lebih dalam yaa... 

Jika tidak tahan dengan asamnya jeruk nipis, boleh menambahkan madu ke dalamnya. Biasanya hal ini saya lakukan untuk bocah di rumah. Yang harus diingat, madunya harus pakai madu asli, jangan madu abal-abal. Selain pereda sakit tenggorokan, jeruk nipis juga berkhasiat untuk campuran ramuan pereda demam

Nah, selain mencegah dengan cara-cara di atas, yang perlu diingat, jika tenggorokan radang, sebaiknya stop dulu makan goreng-gorengan. Meskipun enak, gorengan akan memperparah radang tenggorokan. Sebaiknya perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Hindari minuman dan makanan dingin. Banyak-banyak minum air putih, lebih bagus lagi minum air putih hangat. 

*Madu dan jeruk nipis bisa menjadi minuman ritual pagi hari, tanpa menunggu gejala sakit tenggorokan. Jika tidak telaten, bolehlah diminum jika mulai ada sinyal-sinyal di tenggorokan, tapi jangan nunggu 'kasep' ya...

Semoga bermanfaat :) 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...