Friday 12 February 2016

Review Film Dilarang Masuk! Horor Berbalut Komedi Ternyata Seru.



Saya mendapat undangan nobar tanggal 11 Pebruari 2016 kemarin, dan awal mendengar judul filmnya "Dilarang Masuk!" saya masih belum nggeh ini film apaan? Kok judulnya nggak niat banget. *haha dikeplak free pass nonton gratis sak gebok. Karena jamnya setelah pulang kerja, dan lokasinya di Delta Surabaya dekat dari kantor, ya cuzz saja. 

 Masuk lokasi twenty one Delta Plaza Surabaya, rada keder juga. Ini saya nggak salah masuk? Kok dipenuhi ABG begini. Dan di sudut terlihat orang-orang pada ngerubungi sesuatu. Ohh... rupanya ini acara road show film "Dilarang Masuk! yang akan tayang serentak tanggal 24 Maret 2016 nanti. Dan kali ini para artis-artis pendukungnya hadir juga di tengah acara road show dan premiere film-nya.

Maaf, terus terang karena saya masuk angkatan jadul, saya jadi tidak begitu familiar dengan artis-artisnya. Yang pasti cantik dan ramah, apalagi Yova Gracia yang paling banyak mengumbar senyum dan pasang aksi foto. Dan saya sempat diketawaain sama genk para Emak, saat saya memandangi poster sambil melongo dan bergumam, "Hah?! Jadi "Dilarang Masuk ini film horor toh?" *gubrak!

Eh... jangan keburu takut dulu. Karena film Dilarang Masuk! Bukan sembarang film horor. Tapi film horor komedi, yang meramu irama jantung jadi berdegup lebih kencang, kemudian berhenti, lalu terpingkal-pingkal ketawa ngakak. Jadi penasaran kan? 

Sinopsis

Sekolah digegerkan dengan hilangnya Lisa,  murid baru yang pendiam. Semua teman-teman Lisa kebingungan. Dimana Lisa?

Adit yang  melihat Lisa terakhir kali di lantai atas sekolah, ketika Ia sedang bermain-main dengan handycam yang selalu ditentengnya. Adit berencana membuat misi mencari Lisa bersama kelima kawannya yang masing-masing mempunyai karakter berbeda.

Tentu saja semua menolak ajakan Adit, karena lantai atas sekolah sudah lama kosong dan ada tulisan "Dilarang Masuk!" . Siapapun dilarang untuk memasukinya. Karena Adit memaksa dengan alasan iba terhadap keluarga Lisa, akhirnya kelima sahabat Adit menyetujuinya.

Dimulailah petualangan ke enam sahabat itu. Anehnya saat di lantai atas yang tidak pernah dipakai, mereka bertemu seorang perempuan. Ia mengaku, bernama Bu Rumi, guru di sekolah mereka. Anehnya, ketika mereka bertanya tentang Bu Rumi pada Jono satpam di sekolah mereka, dia tak pernah mengenalnya.
 
Setelah itu,  mereka mengalami banyak hal aneh dan mengerikanmenghantui hari-hari mereka.  Ada apa dengan lantai atas sekolah? Mengapa banyak kejadian aneh di sana? Rahasia besar apa yang akan terungkap di lantai yang bertuliskan “Dilarang masuk” itu?!

Judul Film : Dilarang Masuk!
Besutan Sineas Nayato

 Pemain :
  •  Maxime Bouttier
  •  Sahila Hisyam
  • Jordi Onsu
  • Jessica Torsten
  • Rayn Wijaya
  • Yova Gracia
Genre: Horor
Produksi: Digital Film Media
Tayang: 24 Maret 2016

Kiri ke Kanan - Jessica Torsten, Yova Gracia - Jordi Onsu, Sahila Hisyam


Review :

Terus terang, saya bukan penggemar film horor Indonesia yang biasanya "ala-ala begitu" itu. Tapi melihat film ini, cukup membuat saya merasakan sensasi kaget, serem, namun  sekejap berubah ekspresi tawa berderai,  Bahkan di sekeliling saya banyak yang sampai terpingkal-pingkal. Casting pemainnya menurut saya pas, dengan karakter di filmnya. 

Latar belakang persahabatan anak SMU, alur cerita yang mengalir, dan adegan yang terbilang aman dan lolos sensor. Efek musik yang tiba-tiba jreng-jreng juga bikin sport jantung. Sampai-sampai kalau sudah terdengar musik jreng-jreng saya langsung turunkan kacamata ke pucuk hidung, biar agak kabur gitu keseremannya haha. Jadi seolah kan pemberani, nggak sampai tutup muka pakai tangan atau ujung kerudung.

Tapi sebagai penonton awam dan sebagai orang tua yang mempunyai ABG boleh dong saya urun saran :) :

  • Untuk alur cerita yang sederhana okelah. Tapi saya kok merasa kenapa ujug-ujug si Lisa ini menghilang.  Tanpa ada adegan yang menjelaskannya. 
  • Jodi Onsu dengan kelucuannya, memang sangat menyegarkan film. Tapi apa memang kelucuan harus ditampilkan dengan cowok berpenampilan melambay? Hanya saran saja sih, sepertinya harus mulai deh film Remaja Indonesia menghilangkan kelucuan dengan sosok karakter yang seperti ini.
  • Untuk ide cerita mungkin sangat klise banget. Tapi, untuk ramuan horor komedinya saya acungi jempol deh. 
  • Untuk saya, setiap kali keluar dari studio film, saya harus mendapatkan sesuatu dari film yang saya tonton. Mungkin gampangnya ada pesan yang bisa diambil oleh penonton. Seandainya cerita yang membungkus film ini lebih greget, ada pesan tersirat untuk para remaja yang menontonnya, saya kira akan lebih plus plus plus nih film. Disamping jejeritan, lalu terpingkal para ABG menemukan sebuah nilai yang bisa diambil. 

Ini nih ketua genk para emak :)) *Ibu Juni
  • Yova Gracia dikerubutin ABG ehh :D
Overall ... film ini cukup aman ditonton oleh remaja, meski begitu untuk remaja SMP tetap harus didampingi oleh orang dewasa saya kira. Film ini cukup bikin adrenalin terpacu naik, lalu melandai lagi dengan tiba-tiba. Pokoknya, kalau pingin ketawa terpingkal dengan rasa berbeda, tonton saja Film "Dilarang Masuk! 

Semangat untuk sineas muda Indonesia, untuk menghasilkan karya terbaik. Karya-karya kalian selalu dinanti oleh pecinta film tanah air.


Terimakasih u kaos dan pin-nya cenderamata dari live twit nih :)


2 comments:

  1. ini apa kita seangkatan ya mb Vanda hihihi, artis2nya juga saya kurang familiar. Tapi ngeliat animo yang nonton film ini layak masuk list deh. Tfs ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya kita termasuk angkatan jadul ya mbak :))

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...