Saturday 23 January 2016

Melatih Motorik Halus, Main Bekel dan Congklak Aja!

Hmm... kalau melihat anak-anak sekarang, seringkali merasa bahagia dan bangga banget pernah mengalami kebebasan dan keseruan masa kanak-kanak dulu. Rasanya masa kanak-kanak generasi seusia saya adalah masa kanak-kanak paling indah deh.*nggak usah ambil kalkulator untuk ngitung umur saiah haha.

Ingat-ingat masa kecil, sepertinya tidak ada waktu tanpa bermain. Mau apa coba kalau nggak bermain. TV juga masih hitam putih, itupun cuma satu chanel. Acaranya juga itu-itu saja. Paling hari Minggu nunggu serial Unyil. Selebihnya waktu luang dihabiskan untuk bermain. Bermain, tanpa rasa takut ditabrak pengendara sepeda motor ugal-ugalan ataupun takut diculik.
Hampir semua permainan tradisional  pernah saya lakoni. Lomba balap egrang, patil lele, petak umpet, gobak sodor, bentengan, dan lain-lain.  Nah, jika tiba bulan Ramadhan, maka saya akan anteng di rumah. Tapi bukan berarti cuma tidur, bermain tetep jalan. Tapi saya dan teman-teman biasanya memilih bermain yang hemat energi. Main bekel, congklak, atau simbar adalah pilihannya. 

Asik main bekel di sekolah
Saya tidak ingin menyimpan keriangan saya dulu. Saya tularkan dong mainan-mainan masa kecil saya pada anak-anak. Biar mereka juga tahu, dan kenal permainan-permainan tradisional yang selain melatih motorik, juga empati dan sportifitas. Bersyukur banget saat di Tk dan SD anak-anak disediakan bermacam fasilitas mainan tradisional. Minimal mereka bisa juga merasakan kegembiraan seperti masa kecil Ibunya hehe.

Kebetulan anak saya yang kedua, perkembangan motorik halusnya agak lambat. Berdasarkan konsultasi dengan guru konseling waktu itu, salah satu terapinya dengan mengambil biji-bijian, memasukannya ke dalam botol. Sebagai selingan, saya juga mengajari dia main bola bekel dan main congklak. Nggak terasakan? Sepertinya main-main tapi melatih syaraf-syaraf motorik halusnya, sekaligus belajar berhitung.  

Asik main Congklak
Awalnya saat belajar main bekel, sering kesal. Bola bekel meluncur, menggelinding tak bisa diraih saat memantul di lantai. Belum lagi jari-jemarinya juga kerepotan saat mengambil biji bekel, membalik, atau meraupnya. Tapi setelah bisa ehh... si Bocah malah ketagihan, sampai berangkat sekolah yang dikantongi bola bekel dan biji bekel. Kalau tiba istirahat sudah nggak sabar pingin cepet-cepet ngeluarin bola bekelnya. Dan saat itu, hampir semua temannya juga sedang kecanduan main bola bekel haha. Sampai-sampai kata ustadzahnya, bel masuk berbunyi anak-anak itu masih saja duduk melingkar main bekel.  

Main egrang di seolah juga asik tuh
Kalau main congklak sih, lebih bisa dengan mudah. Cuma, Aisyah harus belajar sabar menunggu giliran main. Sayangnya biji congkelak atau dakon sekarang jarang yang pakai cangkang kerang asli. Papan dakon pun sudah jarang yang terbuat dari kayu.  Kebanyakan yang dijual di toko mainan, papan dan biji dakon dari plastik. Pernah sih menemukan papan dakon dari kayu di Mirota, tapi harganya lumayan mahal. 
Meski sekarang susah cari tanah lapang, main di depan rumah juga asik ajah
Alhamdulillah, nggak terasa, bermain permainan tradisional cukup efektif membantu melatih motorik halus Aisyah. Sekarang dia sudah betah melukis atau mewarnai, hasilnyapun sudah rapi. Bahkan melukis di atas kanvas pun dia berani. Padahal dulunya, setiap kali ada pelajaran menggambar, malamnya sudah pusing duluan haha.  

Jadi, siapa bilang permainan tradisional nggak keren dan jadul? Yuk kita lestarikan dan mainkan kembali permainan tradisional :) Bagi bunda, bisa beli buku seperti cover di bawah ini, sambil bercerita sambil praktek permainannya juga ^-^  *numpang ngiklan :D 


Baca cerita plus bermain permainan tradisional di buku ini:)
  

7 comments:

  1. Aku suka main bekelan dulu sampai koleksi yang dari kuningan dan dari timah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain biji kuningan dan timah, Aku juga koleksi kuwuk (kerang) aneka bentuk mbak :D

      Delete
  2. Aku suka main kelereng dan layangan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh... mbak Eny pasti teman-temannya banyak cowok hehe

      Delete
  3. Aku suka main kelereng dan layangan

    ReplyDelete
  4. aq mau ajarin anakku main layangan sama egrang ah, skrg mainnya mobil remote trs..betuul mb blm main petak umpet,sundamandah, panas dingin, dll. memang permainan tradisional wajib dilestarikan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Padahal banyak keseruan yang didapat dari permainan tradisional. Anak juga akan beralih berhatian dari gadgetnya :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...