Thursday, 29 December 2016

Piknik ke Eco Green Park Malang bersama Blue Bird Group

Libur tlah tiba.  Hore! Hore! Hore!

Itu  senandung anak-anak sehabis terima raport. Anak-anak gembira, emaknya pasti yang pada repot bin mumet menyiapkan ini itu mengisi libur, iya kan? Soalnya saya juga begitu. Syukur alhamdulillah... kemumetan saya tidak seberapa kali ini, bahkan bisa tersenyum lega dan bahagia. Pasalnya, Emak2 dan Em(b)ak2 Blogger Surabaya yang ketjeh badai mendapat undangan dari PT. Blue Bird Group untuk menikmati liburan. Menikmati kenyamanan naik BIG BIRD.



Resep Sempol Ayam

Sempol. Awalnya agak aneh mendengar kata ini. Ohh... rupanya ini nama jajanan yang lagi ngehits di Malang. Dan selanjutnya, mulai menyebar ke kota sekitarnya, termasuk Sidoarjo. Jajanan mirip cireng, cilok, batagor, yang biasanya dijual di depan sekolah. 



Friday, 23 December 2016

Menjadi Muslim Cerdas dengan Beribadah Cerdas Bersama Persada Indonesia


Labbaikallaahumma labbaika, labbaika laa syariika laka labbarika, innal hamda wan-ni’mata laka wal-mulka laa syariika laka.

“Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, aku datang memuhi panggilan-Mu tidak ada sekutu bagi-Mu, aku dating memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.”



Tuesday, 13 December 2016

Resep Ayam Ungkep Bumbu Rempah

Assalamu'alaikum

Lama nggak berbagi resep ala-ala Dapur Cinta. Sejak di perut, Aisyah itu suka nasi bebek. Apalagi bebek yang diolah dengan bumbu rempah yang kuat, biasanya ada srundeng dan bumbu kuning yang berminyak sebagai pelengkap.

Nah, karena jarang banget tukang sayur bawa bebek, dan penasaran pingin masak ala-ala bebek ungkep itu, kemarin coba bikin ayam ungkep ala bebek ini. Rasanya nggak jauh beda, lumayan, cuma tekstur daging ayam tentu beda dengan daging bebek. Yang penting, komentar yang makan, katanya "ENAK!" dan ludes.  Tak ada yang paling membahagiakan kalau jumpalitan masak di dapur hasilnya dibilang enak dan habis tak tersisa.    

Tuesday, 6 December 2016

Sosialisasi GERMAS Oleh Kemenkes RI pada Peringatan Hari AIDS Sedunia,

Alhamdulillah saya mendapat kesempatan menghadiri acara sosialisasi GERMAS oleh Kemenkes RI yang diadakan bertepatan dengan peringatan Hari AIDS Sedunia tanggal 1 Desember 2016 lalu.



Bertempat di Ruang Mawar, lantai 2 Hotel Tunjungan, Jl. Tunjungan 102-104  Surabaya  saya berkesempatan bertemu dan berbincang dengan para Blogger yang peduli kesehatan dari berbagai daerah di Jawa Timur bersama para nara sumber yang sangat kompeten di bidangnya masing-masing.
Friday, 18 November 2016

Resep Ketan Sambel Enak

Sudah lama saya nggak berbagi resep ala-ala Dapur Cinta. Beberapa minggu terakhir ini memang rada-rada males nguplek di dapur. Seringnya jajan. Tapi, alhamdulillah  sepertinya harus insyaf, karena ada yang protes "Ibu kok sekarang jarang bikin-bikin lagi." Haha ... oke deh kali ini bikin Ketan Sambel

Ketan Sambel atau Ketan Bubuk. Kalau di Surabaya sini menyebutnya Ketan Sambel. Awalnya rada bingung, dimana sambelnya? Ternyata mereka menyebut sambel untuk bubuk kedelai berbumbu itu. Semasa saya kecil, Mamah juga sering membuat ketan semacam itu, di Tegal menyebutnya Ketan Pencok. Pencok hampir sama seperti bubuk kedelai, tapi dibuat dari parutan kelapa yang disangrai lalu ditumbuk bersama gula merah, garam dan cabe. Rasanya hampir mirip gurih, manis asin ada pedas sedikit.



Monday, 31 October 2016

Merawat Wajah Agar Awet Muda di Usia Tak Muda

Perawatan Wajah adalah hal yang tidak pernah jauh dari kehidupan seorang perempuan. Bagi seorang perempuan, kesehatan wajah adalah aset yang harus di jaga. Siapa sih perempuan yang nggak akan bangga, gembira, berseri-seri jika ada yang berkata, "Wah... kamu awet muda banget. Nggak kelihatan loh kalau ternyata anaknya sudah remaja."  Uhuk! *Pasti langsung menahan keselek, trus pasang senyuman paling manis sambil betulin jilbab. 


Thursday, 20 October 2016

Tips Berburu Buku di Big Bad Wolf Surabaya

The Big Bad Wolf  hadir di Surabaya! Apa? Iya beneran. Kabar ini sudah santer sejak sekitar satu bulan yang lalu. Saya pun sangat penasaran dengan event Book Sale terbesar se Asia Tenggara ini. Apalagi baca tulisan di beberapa blog, dan foto-foto yang bertebaran tentang keriuhan dan kehebohan acara itu, awal Mei lalu di Jakarta. Tambah penasaran. 


Thursday, 6 October 2016

Belajar Memahami Perasaan Anak untuk Diakui

Bismillahirrahmanirrahim.

Belajar memahami perasaan anak untuk diakui. Hmm... akhir-akhir ini rasanya kok saya jadi suka ngepoin akun beberapa IG. Terus terang saja, baru kali ini saya sedikit mengikuti dan ngepoin masalah seorang public figur, ya gara-gara polemik bapak dan anak itu, 

Awalnya saya hanya menganggap biasa dengan kasus ini. Beberapa hari setelah si Bapak melakukan klarifikasi, dan media, (terutama media sosial)  begitu memblow up masalah ini, meski miris, saya masih anteng.   Tapi ketika suatu malam, saat menjelang tidur seorang bocah perempuan  tiba-tiba menyeletuk, "Ibu, aku beneran anaknya Ayah kan? Darahku sama kan dengan darah Ayah?"



Friday, 30 September 2016

Mengenal Pertamina Vi-Gas dan Fastron Platinum di GIIAS 2016 Surabaya

Mengenal Pertamina Vigas dan Fastron Platinum di GIIAS2016.  Dunia otomotif selalu berkembang, pun tidak ketinggalan dengan segala printilan tentangnya. Sebagai emak-emak yang buta dunia otomotif, saya antusias sekali, tepatnya penasaran saat menerima undangan untuk menghadiri Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Thursday, 22 September 2016

[Review] Siesta Legian Hotel, Penginapan di Bali yang Nyaman dan Ramah Keluarga

Siesta Legian Hotel Bali. Liburan adalah salah satu kata yang paling membahagian bagi hampir semua orang. Apalagi bersama keluarga atau teman-teman satu genk. Geng emak-emak *hallah hallah 

Salah satu hal  terpenting  yang harus dipikirkan adalah tempat menginap. Mencari hotel yang pas memang gampang-gampang susah. Ya pas di kantong, ya  pas di hati. Yes! Ceritanya, di medio bulan Agustus 2016 lalu saya ke Bali. Ini trip Bali kedua buat saya. Memang Bali menjadi tujuan wisata yang tak pernah ada matinya.  


Wednesday, 7 September 2016

Reuni Maya Pun Tak Mengapa

Lebaran, biasanya menjadi ajang reuni sekolah. Memanfaatkan moment mudik, pulang ke kampung  halaman.  Teman-teman saya pun begitu. Seperti lebaran tahun ini, banyak yang memanfaatkan untuk mengadakan reuni perak *coba ambil kalkulator, kira-kira saya lulusan tahun berapa kalau tahun 2016 reuni perak SMA :D 

reuni tipis-tipis teman kuliah
Monday, 5 September 2016

5 Hal yang Harus Ada Saat NgeBlog

NgeBlog sepertinya saat ini sudah menjadi semacam kebutuhan dan gaya hidup. Dulu...  buku Diary masih menjadi sahabat setia,  tapi kini semua curhatan, ungkapan hati, uneg-uneg terhadap lingkungan sekitar bisa ditumpahkan lewat media Blog.


Kalau masih ada yang bingung pingin ngeBlog tapi nggak tahu apa yang harus dilakukan, dan apa saja perlengkapan yang dibutuhkan, biar postingan lancar, blog-nya nggak sampai jamuran. Nah, ini saya kasih tahu 5 hal yang harus ada biar ngeBlog lancar ala saya.
Thursday, 1 September 2016

Seberapa Penting Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah?

Bismillahirrahmaniirahim...

Setelah kemarin bernostalgia dengan lagu anak-anak, majalah, buku dan komik, lalu buku pelajaran paket turun temurun di era 70 80 an, sekarang mau ngomongin 'Pendidikan Budi Pekerti'.  

Waktu saya kecil, ketika Mama atau Bapak memangil nama saya, maka saya akan cepat-cepat menjawab, "Dalem Mah." "Enggeh Pak." lalu cepat berlari menemui beliau.

Anak- anak sekarang, ketika dipanggil orang tua kebanyakan menjawab, " Iya." "Sebentar." "Nanti" itu masih mending. Kadang ada yang menjawab dengan nada kasar, bahasa ngoko, atau membentak-bentak. Rasanya sakit telinga ini mendengarnya kalau ada anak -anak yang berperilaku seperti itu.  



Bahkan banyak diberitakan, tindakan-tindakan yang menjurus kriminal dilakukan oleh anak-anak. Banyak sekali bersliweran berita-berita yang bikin hati miris dan ngeri membayangkan bagaimana nasib bangsa ini kedepan, jika generasinya jauh dari nilai moral. Kejahatan-kejahatan yang dulu tidak pernah terbayangkan dilakukan oleh anak-anak, kini pelakunya justru anak-anak. 


Wednesday, 31 August 2016

5 Fakta Unik Buku Paket Pelajaran Warisan Turun Temurun

Ini Ibu Budi
Ini Bapak Budi
Ini Kakak Budi
Ini Adik Budi

Coba tanyakan pada semua orang Indonesia yang pernah mengenyam masa sekolah di era tahun 70 hingga 80 an. Dari Sabang sampai Merauke pasti mereka sangat mengenal dekat keluarga 'Budi'. Budi dan keluarganya lah yang mengenalkan anak-anak di era itu membaca dan menulis. 

Ayo, siapa yang mengalami masa-masa keemasan buku-buku ini?:D  (gambar diambil dari internet)

#8HariMenaklukanCowo: Antara Persahabatan dan Cinta Ala Remaja

Tanggal 30 Agustus siang kemarin, saya seperti terperangkap dalam suasana 25 tahun yang lalu. Saya benar-benar terjebak dalam keriuhan remaja belia berseragam putih abu-abu. Hadeehh... berasa jadi wali murid yang mau menghadap ke wali kelas anaknya. 

Ceritanya, saya mau ketemuan sama teman-teman KOPIER Surabaya, di acara Meet & Greet pemain film 8 Hari Menaklukan Cowo, di SMK Ketintang Surabaya. Karena jamnya pas istirahat, dan lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kantor, saya segera meluncur.

Tuesday, 30 August 2016

Membongkar Kenangan di Antara Buku Usang

Setelah kemarin saya mengurai kenangan masa kecil dengan lagu anak-anak, kali ini saya akan membongkar kenangan saya yang terlipat di antara buku-buku usang. 



Kebetulan pekan lalu, saya habis membongkar rak buku yang sebagian papannya sudah reot, karena terlalu banyak menahan beban. Di sanalah, di antara tumpukan buku-buku itu saya menemukan berlembar-lembar kenangan. Buku-buku apa saja yang menyimpan kenangan itu?

Monday, 29 August 2016

#SaveLaguAnak, Rindu Lagu Anak-Anak Era Tahun 80-90 an

Bulan Agustus hampir berakhir. Sekitar dua pekan ini, hampir di setiap gang RT, balai RW atau balai desa diadakan pentas seni untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI.  Tentu saja anak-anak berlomba-lomba ikut meramaikan dengan penampilannya yang cukup memukau. 

Namun, zaman telah jauh berbeda dan berubah. Dari sekian lagu yang mengiringi pementasan anak-anak itu, saya tidak menemukan satu pun lagu anak-anak, dengan lirik meng-anak yang dinyanyikan oleh penyanyi cilik. Anak-anak lebih familiar dengan melody dan lirik lagu-lagu Cita Citata atau lagu goyang oplosan yang sempat booming itu. Astaghfirullah... padahal kalau dengar liriknya rasanya kuping gatel dan hati jadi miris. 


Dunia anak-anak adalah dunia bermain dan bernyanyi


Rupanya keresahan dan kegundahan hati saya, nyambung dengan tema ODOP yang dilempar oleh Mbak Ani Berta, #SaveLaguAnak.  Memang kalau di amati, setelah masa kanak-kanak Joshua, Tasya, Sherina, Trio Kwek-Kwek dan penyanyi cilil semasanya berlalu, maka berlalu pulalah era lagu anak-anak. Anak-anak seperti kehilangan jati diri mereka.  

Entahlah... saya pun tidak seberapa mengamati. Karena sejak mengemban amanah sebagai ibu, saya sangat jarang berinteraksi dengan televisi. Kedua putri saya masih sangat beruntung, karena lahir  di akhir tahun 1999 dan awal tahun 2000 jadi masih sempat menikmati dan mengkoleksi kaset dan CD lagu-lagu sepanjang masa, seperti lagu "Anak Gembala" , "Paman Datang dari Desa", dan "Libur Tlah Tiba" yang dinyanyikan kembali oleh Tasya. Bahkan lagu "Jangan Takut Gelap" duet Tasya dan Duta Seila on 7 menjadi favorit si Sulung saat belajar tidur dengan lampu dimatikan. 

Kupu-Kupu
Cipt. Ibu Sud

Kupu-kupu yang lucu
Kemana engkau terbang
Hilir mudik mencari
Bunga-bunga yang kembang

Berayun-ayun

Pada tangkai yang lemah
Tidaklah sayapmu
Merasa lelah




Saya ingat sekali, waktu saya TK, lagu ciptaan Ibu Sud yang melegenda ini mengiringi tarian, dengan kostum kupu-kupu yang indah. Lalu teman yang lain, menari, gerak dan lagu dengan diiringi lagu menanam jagung. Rindu sekali masa-masa itu.

Seperti kebiasaan membaca buku, atau mendengarkan cerita, mendengarkan dan mendendangkan lagu anak-anak adalah media belajar yang sangat menyenangkan bagi mereka. Anak-anak belajar, tanpa merasa digurui. Syair-syair indah yang sederhana, namun sarat makna mereka dendangkan, diulang-ulang, dan menjadi kebiasaan baik, budi pekerti luhur, juga motivasi.

Saya ingat betul lagu "Bunda Piara" yang saat itu seperti menjadi lagu wajib. Hampir setiap anak pada era 80 - 90 an hafal lagu itu. Lagu yang membuat hati kanak-kanak kami meleleh, sayang pada sosok Ibu. 

Menarik mundur ke belakang, generasi seumuran saya yang lahir di awal tahun 70 an  sekian masa kanak-kanak kami ceria bersama lagu-lagu Chica Koeswoyo, Adi Bing Slamet, Yoan Tanamal, Bobby Sandora, Ira Maya Shopa, Puput Novel dan seangkatannya. Kami juga tumbuh dengan lagu-lagu ciptaan Bu Kasur, Pak Kasur, Ibu Sud, A.T Mahmud yang sangat melegenda. 

Lalu, anak-anak sekarang menyanyikan lagu anak-anak apa? Kita lah sebagai orang tua seharusnya yang paling bertanggung jawab. Tapi bingung juga kan ya? Para orang tua zaman sekarang pasti bingung juga, materi lagu anak-anak baik di televisi ataupun di radio sudah tidak terdengar gaungnya. Dan memang sepertinya regenerasi penyanyi cilik juga putus, sejak Joshua dan teman-temannya meremaja dan dewasa. 

Untuk menawar rindu para orang tua, sekaligus belajar sambil bergembira bersama anak-anak, tips-tips ini mungkin bisa dicoba. Sambil menunggu lagu anak-anak bangkit kembali. 


  • Membongkar memori  Ayah dan Ibu tentang lagu anak-anak dulu, bernostalgia kembali menyanyikannya sambil mengasuh anak-anak.
  • Jika masih menyimpan kaset, CD atau VCD lagu-lagu anak-anak bisa diputar ulang. Atau, karena zaman sudah berubah, mungkin bisa mendownloadnya, disimpan di gadget.
  • Memilih lagu-lagu dengan lirik yang pas dan sesuai dengan apa yang ingin atau sedang diajarkan atau dibiasakan kepada anak-anak. Seperti memilihkan lagu-lagu religi dengan lirik dan irama yang menarik. Dulu, yang saya tahu kasetnya bunda Neno atau lagu-lagunya Sulis dan Hadad Alwi, atau lagunya Rachel Amanda duet dengan Opick. Namun sekarang mungkin lebih mudah mencari di internet.
  • Jika Ayah Ibu kreatif, bisa mengarang lirik sendiri,seperti lirik rukun islam, shalawat, asmaul husna lalu mendendangkannya dengan melody dan nada yang dikarang sendiri, atau meniru nada lagu yang sudah ada tinggal mengganti liriknya. Dulu guru di TK dan SD bocah-bocah saya sering begitu, mengarang lagu atau lirik sendiri. Saya juga pernah mencoba, ngasal melodynya liriknya juga ngarang sesuai pesan yang ingin saya sampikan hihi. Yang penting anak-anak senang dan pesan pun tersampaikan.

#SaveLaguAnak, mengingatkan saya pada acara Hitam Putih yang mengangkat kepedulian para mantan penyanyi cilik yang dimotori oleh Joshua Suherman. Karena keprihatinan mereka, bersatu padu melakukan kampanye, untuk menghidupkan kembali lagu anak untuk anak-anak Indonesia dengan membuat project nirlaba berupa official video berjudul "Selamatkan Lagu Anak" yang telah diunggah ke Youtube pertengahan bulan Agustus ini.  



Terimakasih Joshua, Kak Ria Enes, Kak Nunu, Papa T. Bob dan teman-teman para mantan penyanyi cilik yang masih peduli pada keberlangsungan hidup lagu anak-anak. Semoga dengan kampanye #SaveLaguAnak, mengembalikan keceriaan dan kegembiraan anak-anak Indonesia sesuai fitrahnya.  

Cerita di Balik Buku "24 Nabi dan Rasul Teladan Utama"

Bismillahirrahmanirrahiim....

Sebulan terakhir ini saya sedang bahagia sekali. Kenapa Buk? Menang live tweet, menang undian, atau dapat hadiah gadget dari lomba blog? Ahh... bukaan... karena saya termasuk  orang yang ngaku-ngaku Blogger tapi jarang banget ikut lomba.

Kebahagiaan saya bersumber dari kabar di bulan Juli lalu,  bahwa buku 24 Nabi dan Rasul Teladan Utama dan selanjutnya karena kepanjangan disebut #24NR saja TERBIT. Kabar buku 'lahir' adalah kabar yang paling membahagiakan sedunia bagi saya setelah kabar ketika dokter  mengatakan "Alhamdulillah, bayi ibu perempuan sehat cantik sempurna" 



Saya masih merasakan seperti bermimpi, bisa berkontribusi menulis naskah dalam buku yang diterbitkan oleh #Sygma. Saya berkenalan dengan Sygma Daya Insani ketika beberapa waktu lalu saat bocah masih SD, sekitar 6 tahun yang lalu,  memutuskan untuk membeli paket buku "Muhammad Teladanku"  #Mute .  

Tuesday, 23 August 2016

10 Manfaat Membacakan Buku Cerita Sejak Dini

"Buk, kok sempat sih pakai acara bacain cerita sama bocah-bocah. Kan seharian sudah capek, pulang kerja, kalau aku sih males awang-awangen,"  celetukan teman di kantor. 


Nyulik foto krucil keponakan dan Emaknya  

Ehem... saya sih seperti biasa cuma senyum. Hanya menjawab, "Ya disempetin, karena yang melindas kepenatanku seharian ya ritual bercerita sambil gulang-guling di kasur." *nyengir.  Mau cerita panjang lebar juga bingung, sebab kebiasaan itu sudah dimulai sejak lama, jadi sudah nagih.

Wednesday, 10 August 2016

Membangun Peradaban dengan Kisah-Kisah Teladan Para Nabi dan Rasul

Anak-anak kita adalah generasi pewaris, yang akan membangun peradaban di masa yang akan datang. Pada saat kita para orang tua mungkin sudah tidak ada lagi di dunia ini. Dan melihat fenomena di sekitar, saya menjadi sangat miris dan kecil hati. Peradaban seperti apa yang kelak terbangun oleh generasi yang lemah aqidah, miskin nilai-nilai moral dan jauh dari suri tauladan.

Melihat covernya saja anak-anak sudah ngeces pingin dibacakan ceritanya
Sesungguhnya, sudah beratus-ratus abad yang lalu terbukti bahwa umat-umat terdahulu membangun sebuah peradaban berdasarkan kekokohan aqidah. Para Nabi dan Rasul pilihan menjadi mata rantai pembangun peradaban manusia dengan dasar aqidah yang lurus dan teguh. 
Tuesday, 2 August 2016

#Review Film "Untuk Angeline", Semoga Ini Air Mata Terakhir untuk Tragedi Kekerasan Pada Anak

Awalnya saya tidak begitu tertarik  menonton film ini. Karena saya sudah bisa mengira-ngira pemandangan apa yang akan saya saksikan di depan layar. Membaca berita tentang hilangnya Angeline, bocah asal Bali yang sangat menghebohkan publik dan kematian tragisnya saja hati saya sudah merasakan perih, tak bisa membendung airmata.  


Saturday, 30 July 2016

RoadShow SEREMPAK 2016 , Mengajak Perempuan Melek Teknologi dan Berkembang Bersama UKM

Senin, 25 Juli 2016 lalu, saya menghadiri Road Show SEREMPAK 2016 yang di adakan di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. Sebagai kota dimana para penggiat UKM  bangkit dan berkembang sangat pesat, Surabaya dipilih menjadi kota kedua di Road Show Serempak kali ini. 


Friday, 8 July 2016

Idul Fitri 1437H, Silaturahim Bernuansa Ungu

Sudah menjadi hal yang sangat umum saat ini, setiap keluarga besar mempunyai ikatan keluarga yang terorganisir, yang biasanya kegiatan wajibnya adalah acara kumpul-kumpul, silaturahim  di bulan Syawal.  Dengan adanya wadah ikatan keluarga ini, acara berkumpul keluarga menjadi lebih praktis dan ekonomis. Karena tidak perlu berkunjung satu-satu, keliling ke masing-masing. Semua keluarga dari bebagai kota, bisa bertemu, saling bertukar kabar dan melepas rindu di satu titik yang sudah disepakati.

Happy Ied Mubarak, Syawal 1437 H

Ini adalah moment lebaran ke 16 kami tanpa kesyahduan 'ritual' sungkem memohon maaf langsung pada orang tua. Jangan pernah tanyakan bagaimana rasa yang berkecamuk dalam benak, saat kumandang takbir terdengar dari corong-corong  masjid di seantero jagad ini. Rasa yang tidak bisa terungkap oleh kata-kata bahkan air mata sekalipun. Meskipun waktu terus melaju, tetap saja tidak bisa melindas dan menimbun kenangan tentang beliau berdua. 

Tapi, kesedihan kali ini bukan hanya tersebab kehilangan moment itu. Ada satu hal lagi yang membuat saya sedih ketika senja memeluk akhir Ramadhan lalu menyambut fajar Syawal. Satu bulan dalam pusaran Ramadhan rasanya berlalu begitu cepat. Semoga atas Rahmat dan Kasih sayang Allah, saya dan kita semua masih bisa bertemu Ramadhan di tahun depan.


Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku.  Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadahan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi.  (Doa Rasulullah di akhir Bulan Suci Ramadhan) 



Taqoballahu  Minna wa Minkum, Semoga Allah menerima amalan kami dan amalan kalian  



Thursday, 30 June 2016

Cetaphil Gentle Skin Cleanser Bukan Sabun Muka Biasa

Bersyukur sekali, sejak remaja, saya tidak pernah mengalami tragedi yang aneh-aneh menimpa kulit wajah. Jerawat sepertinya enggan nempel. Mungkin karena jenis kulit saya yang normal-normal saja. Jadi, selama ini saya merawat kulit muka lebih sering menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur. Disamping tentunya membersihkan muka secara teratur, terutama setiap kali habis berkegiatan di luar. 
   
Jadi untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit muka, saya secara berkala menempelkan apa aja yang tersedia di rumah. Tomat, lemon, asam jawa, alpukat, madu, putih telur, minyak zaitun semua pernah nemplok di muka saya hihi. 
Tuesday, 28 June 2016

Sesederhana Apapun Berbagi itu Membahagiakan

Ramadhan telah memasuki sepuluh hari terakhirnya. Bulan istimewa yang hampir semua umat muslim bahkan semua umat manusia menyambutnya dengan penuh antusias. Di bulan istimewa ini pula semua orang berlomba-lomba berbuat kebaikan, ringan berbagi kepada sesama. Salah  satu kegiatan berbagi yang banyak  dilakukan adalah berbagi Takjil. 


Nah, dari kegiatan berbagi takjil itu, saya mau cerita kegiatan para Emak ketjeh KEB Surabaya dalam #KEBerbagi yang sayang jika tidak di abadikan ceritanya *telat ceritanya. 

Thursday, 23 June 2016

Resep Es Lilin Cokelat

Hmm ... puasa-puasa gini memang enaknya ngomongin makanan. Ceritanya kulkas kosong. Para bocah request yang seger-seger dan enak-enak buat ngemil setelah tarawih. Biar hemat tenaga, bisa disimpan untuk beberapa hari, buat es lilin saja. Awalnya sih bikin agak banyak buat takjil  anak-anak di musholah, tapi karena kulkas dibuka tutup terus, jadilah hingga sore belum beku juga tuh es lilin. 
Tuesday, 7 June 2016

Merencanakan Lebih Awal #LebihBaik

Saya pernah uring-uringan  ketika Suami mendadak ke luar kota, dan saya lupa untuk bertanya detail jadwal flight-nya. Dan itu terjadi saat sedang ramai-ramainya musibah hilang dan jatuhnya pesawat penumpang komersil. Dan yang bikin semakin gondok, saat pak Suami mengabari jika dia sudah sampai, lalu saya menyela "Aduh Yah, ini tadi sampai mantengin berita TV, khawatir kalau ada berita..." 

Sebelum selesai kalimat saya, pak Suami nyeletuk, "Nggak usah naik pesawat, tidur di rumah kalau waktu yang Allah tentukan tiba ya tiba. Kalau lagi naik pesawat malah kamu enak Dek, dapat asuransi," sambil menyebut angka sekian ratus juta lalu tergelak santai.     

Sunday, 5 June 2016

#WisataHoofdbureau Mengenal Polisi Lebih Dekat

"Nggak usah sampai berurusan dengan Polisi, tambah ribet dan menguras biaya."

Itulah kalimat yang sering saya dengar dari orang-orang di sekeliling saya. Akhirnya saya jadi waspada dan agak alergi kalau di jalan raya bertemu dengan abdi negara berseragam cokelat ini *maafkeun saya pak polisi.
Monday, 23 May 2016

#HariBukuNasional Bersama Fauzi Baim dan FLP Sidoarjo

IQRA'
Buku, adalah sayap yang akan membawamu terbang ke tempat mana saja yang kamu inginkan

Fauzi Baim,  Rani (moderator) , Rafif Amir (ketua FLP Jatim)
Kalimat di atas melintas begitu saja di kepala saya. Keluarga kami adalah pecinta buku. Jajan buku bagi kami, sama seperti hobi jajan kuliner. Bahkan tempat yang bikin betah anak-anak jika ngeMall adalah toko buku.  Sebagai pecinta buku ternyata saya pun kurang apdet pengetahuan, bahwa ternyata tanggal 17 Mei itu diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Saya lebih mengenal tanggal 23 April sebagai Hari Buku Sedunia. Duhh... perlu banyak baca lagi.   

Cara Mengatasi (Gejala) Radang Tenggorokan

Assalamu'alaikum,

Lama sekali nggak oret-oret di sini. Sebenernya buanyak yang pingin ditulis, tapi impian dan keinginan memang tak seindah kenyataan *hallah alasan. Kali ini mau berbagi sedikit tips untuk menghalau rasa tidak nyaman di tenggorokan. Biasanya, rasa tidak enak mendera dan terasa ketika bangun tidur pagi. 

Jika bangun tidur, tenggorokan terasa nggak enak, saya pasti sudah harap-harap cemas. Waduh ini pertanda buruk! Jika saya terlambat mengatasinya, bakalan saya akan di dera sakit yang bikin segala nafsu menghilang. Nafsu makan, nafsu ngomong, nafsu untuk tersenyum, dll bakalan menguap. biasanya kalau sudah 'kasep' (terlambat) ditangani, badan akan meriang selanjutnya diikuti batuk yang sangat menggangu.
Wednesday, 4 May 2016

Tips Menurunkan Deman pada Anak

Assalamu'alaikum, 

Bagaimana kabarnya Emak dan Embak, Pak e dan Mas e semua? Semoga sehat dan selalu bahagia *senyum manis.

Akhir-akhir ini cuaca sangat tak menentu. Siang sangat panas, ehh... malamnya hujan deras. Atau di daerah sekitar rumah terang benderang, matahari cetar membahana, ehh... pulang dari sekolah atau kantor basah kuyup karena di area sekitar sekolah dan kantor  hujan deras. 


Nah, cuaca seperti ini lah yang bikin badan meriang, demam, batuk pilek dan teman-temannya itu. Apalagi anak-anak, kadang susah makan, pinginnya minum es yang seger di teggorokan. 

Demam, sebenarnya reaksi normal tubuh saat pasukan anti body sedang bertempur melawan virus atau bakteri yang masuk. Jika daya tahan tubuh kuat, maka virus-virus itu akan lari kocar-kacir. Makanya tubuh harus kuat dan tangguh, caranya dengan istirahat, makan minum yang cukup dengan kandungan nutrisi yang baik.

Yang bikin panik itu, kalau anak-anak demam, jadi rewel, susah makan minum, susah tidur, karena tubuhnya merasa tidak nyaman. Jalan satu-satunya adalah membuat tubuh anak menjadi nyaman. Saya akan berbagi tips untuk meredakan demam, hasil dari pengalaman, juga ilmu warisan dari Mamah yang masih setia saya praktekan.

Yuk mari kita mulai, 

Kompres Ramuan Brambang Jeruk Nipis : Waktu saya masih menjadi emak-emak wannabe, jika anak demam, saya langsung teringat ramuan kompres ala mamah. Bahan-bahannya tersedia di dapur. Bawang merah secukupnya diparut atau dirajang, jeruk nipis iris-iris, sejumput garam dapur, sedikit minyak kelapa, minyak telon (jika masih bayi) atau minyak kayu putih. Semua ditaruh dalam mangkuk, lalu remas-remas. Balurkan ke seluruh tubuh anak, sambil dipijit pelan. Terutama di lipatan ketiak, belakang telinga, tengkuk, leher, perut dan lipatan paha. Sudah dibumbui, tinggal digoreng hihi... itu sih candaan Ayahnya bocah.

Saya Ingat betul pesan Mamah, jika anak demam, yang paling bahaya kalau panasnya tidak rata, alias bagian kepala panas, tapi telapak kakinya dingin karena bisa menjadi pemicu kejang, nah, sesuai pengalaman, ramuan kompres ini, nggak langsung menurunkan demam, tapi membuat suhu tubuh rata, anak juga menjadi lebih nyaman, karena hangat, pori-pori terbuka dan mengeluarkan uap panas. Jika demam karena masuk angin, flu, atau kembung, insyaAllah anak akan lekas membaik. 

Menempelkan tubuh anak ke dada Ibu atau Ayah : Biasanya kalau bocah demam, yang praktik ini si Ayah, kan dadanya bidang dan kuat semalaman ngegendong. Resep ini di dapat dari hasil omelan dokter. Ceritanya pas anak demam, saya bawa ke dokter dengan baju hangat plus selimut, eh malah diomelin. Jika anak demam, sebaiknya pakai pakaian yang nyaman dan longgar. Jika masih bayi,  atau balita bisa ditempelin skin to skin dengan orang tuanya, biar suhu panas di tubuhnya terserap, dan anak juga nyaman karena dipeluk.

Mengompres dengan handuk yang dicelup air hangat : Loh kok air hangat? Awalnya saya juga heran. Wong panas, kan harusnya ditempelin air dingin biar turun suhunya. Ternyata, fungsi kompres air hangat sama seperti kompres ramuan di atas itu, membuka pori-pori agar panasnya menguap. Letakkan handuk kompres di dahi, sela-sela ketiak, dan sela lipatan paha. 

Memberi Minum yang Cukup : Dengan banyak minum, anak akan terhindar dari dehidrasi, suhu tubuh juga akan cepat turun. Cairan bisa berupa air putih, jus buah, atau sup hangat. Untuk bayi, banyak-banyak minum ASI. Ibuknya harus makan banyak dan bergizi. 
Istirahat nyaman dan cukup : Karena aktifitas fisik yang berlebihan, bisa membuat suhu tubuh semakin tinggi. Makanya biasanya kalau batita atau balita lagi demam, mending digendong aja hehe, daripada pecicilan terus nggak bisa diam. 

Memberi Obat Penurun Panas : Jika diperlukan, dan sesuai aturan.

Berdoa : Ini adalah ikhtiar utama dan pamungkas. Memohon agar demam anak hanya demam biasa, bukan karena penyakit yang serius.

Jika demamnya karena kecapekan, batuk pilek, atau masuk angin insyaAllah dalam satu dua hari akan reda, Tapi jika demamnya tinggi, tidak turun hingga tiga hari, atau anak tidak mau makan, susah minum hingga jarang pipis, maka harus segera konsultasi dengan dokter. Agar mendapat pertolongan lebih lanjut. Semoga bermanfaat [Vanda Arie]


Saturday, 23 April 2016

(Review Film) Surat Cinta Untuk Kartini

"Kita tidak bisa mengubah asal kita, tapi kita bisa mengubah cara pikir kita"
"Seandainya saya dilahirkan 100 tahun dari sekarang, saya yakin, akan banyak yang berjuang bersama saya"
(Kartini)

cover film 'Surat cinta untuk Kartini'


Surat Cinta untuk Kartini

Anak-anak riuh, ketika Bu Guru cantik itu hendak memulai ceritanya. Bosan, cerita pahlawan tidak menarik menurut mereka. Sebagian dari mereka cemberut, sebagian lagi memprotes dengan bahasa kanak mereka. Pak Rangga, mengintip dari jendela, lalu masuk kelas menyelamatkan situasi. Dengan sketsa lukisan sepeda onthel dan seorang laki-laki bertopi di sampingnya, Pak Rangga menghipnotis anak-anak. Mereka menarik sudut bibir membentuk lengkung senyuman lebar, dan sorot mata penasaran.

Sunday, 17 April 2016

Kado Terindah

16  April  2016



Sejak mengenal FB, setiap tanggal 16 April sepertinya menjadi spesial. Padahal di dunia nyata adem ayem, tapi di dunia maya ternyata timeline riuh. Seperti hari ini, sampai siang belum ngecek HP, ternyata berderet-deret pesan sudah masuk di WA dan BBM. Di HP, saya memang tidak menginstal aplikasi FB, disamping memori tidak muat, juga biar  hidup terasa lebih damai, tidak terlalu terganggu notif  hehe. Biarlah kalau ketinggalan info berarti memang belum rezeki. 

Baru sempat buka FB malam. Terharu, membaca larik-larik doa dan harapan yang dilangitkan teman-teman lewat dinding-dinding virtual. Terimakasih, doa-doa dan harapan itu menjadi ajang muhasabah dan cermin diri. Menjadi lecutan semangat untuk berbenah menjadi lebih baik. 
Monday, 4 April 2016

Jangan Panggil Aku 'Bencong'

Di tengah bebersih email, saya menemukan sebuah email yang terselip. Email yang sudah lama sekali saya terima.  Email yang kembali saya baca, dan saya kembali memungut hikmah dari kata demi katanya. Berikut kutipan emailnya (Saya kutip sebagian). 


***
Rumah kos, 14 Maret 2010, 02.16

“Apakah kamu seorang bencong?”  Celutuk seorang teman baru suatu hari. Entah dengan polos, entah ada tendensi tertentu, atau merasa menjadi teman wajib mengingatkan ke “jalan yang benar”. Jawabanku cuma satu. Tersenyum

Mesin Kecerdasan STIFIn, Mengenal Kecerdasan dan Rumus Sukses

Jika Tes IQ mengukur Skor Kecerdasan (IQ). Tes STIFIn mengukur Jenis Kecerdasan yang  paling dominan, paling menonjol pada 'Otak Manusia'  secara spesifik disebut Mesin Kecerdasan.



Sering sekali saya mendengar istilah STIFIn. Apalagi kata STIFIn ini selalu dihubungkan dengan 'Mesin Kecerdasan.  Mula-mula saya mengira dan berpikir apa ini semacam test kepribadian, test IQ dan semacamnya itu? Yang untuk mengetahui hasilnya saya harus melalui serangkaian test, mengerjakan soal-soal bahkan mungkin interview. Terus apa beda dan menariknya? 

Sunday, 3 April 2016

Waspadai Alergi, Penghambat Tumbuh Kembang Anak

Kualitas kehidupan seorang anak saat dewasa ditentukan sejak 1000 hari pertama kehidupannya. Bagaimana jika sejak dini anak sudah terdeteksi Alergi? Tentu proses tumbuh kembangnya akan sangat terganggu.











Mendengar kata alergi, saya langsung bergidik, membayangkan kulit ruam-ruam merah, terasa panas dan gatal. Ya, saya alergi terhadap salah satu jenis obat, antibioka dengan kandungan tertentu.

Tubuh saya langsung bereaksi ketika kemasukan obat itu meski dosis kecil sekalipun. Bahkan, saat terjadi alergi untuk keduakalinya tidak hanya ruam merah, bahkan kulit sampai melepuh, hitam seperti terbakar hiii... ngeri membayangkannya kembali.

Ketika saya menikah dan punya anak,  yang menjadi kekhawatiran, bagaimana jika alergi menurun pada anak-anak saya. Karena alergi saya menurun dari Mama. Alhamdulillah, kedua anak saya sampai detik ini terbebas dari alergi. Tapi saya tetap ingin tahu lebih lanjut tentang alergi, karena Aisyah, akhir-akhir ini beberapa kali bibirnya bengkak sehabis makan udang atau cumi-cumi. Padahal sebelumnya tidak.


Dan saya pun tidak membuang kesempatan ketika Sarihusada mengadakan acara Nutritalk - Nutrisi Untuk Bangsa.  Pagi, tanggal 31 Maret 2016 lalu, saya rela memacu sepeda motor dari Sidoarjo menuju ballroom C Hotel JW Marriot Surabaya demi mencari ilmu tentang alergi.


Friday, 11 March 2016

Sholat Kusuf Pertama, Ajang Muhasabah Diri


Meskipun sudah dua hari berlalu tapi ketakjuban masih juga belum berlalu dari benak. Dari kemarin mau langsung mendokumentasikan cerita tentang GMT 2016 tertunda terus. Sayang jika tidak saya rekam di sini, peristiwa langka yang baru terulang kembali di suatu tempat sekitar 350 tahun lagi.

sumber  www.sindonews.com  

Saya  sangat bersyukur, ini adalah kali kedua saya mengalami GMT. Tahun 1983 saat saya masih kelas 4 SD, saya sempat mengalami keriuhan ketika Allah menampakkan kekuasaan-Nya lewat peristiwa GMT. Bedanya, dulu, saya dan adik-adik bahkan hampir semua orang dewasa diliputi perasaan takut dan cemas. Bagaimana nggak takut, berbagai cerita mitos diembuskan. Yang katanya matahari dimakan raksasa lah, Betara Kalla sedang marah lah, apalagi yang paling menakutkan menjadi 'buta' jika melihat matahari. 
Monday, 29 February 2016

Silaturahim, Kenangan, dan Jejak Kebaikan

Ahad, 28 Februari 2016



Hari ini langit di atas Sidoarjo dan Surabaya sangat bersahabat. Sepertinya ia tahu, kalau hari ini saya akan menyusuri jalan kenangan, bertemu sahabat-sahabat yang sekitar 21 tahun tak pernah berjumpa, sejak kami melepas predikat sebagai mahasiswa Politeknik Brawijaya Malang (Polinema)


Tak usahlah dihitung mundur, pakai kalimat matematika tambah, dan kurang. Karena dipastikan, kami semua sudah kepala 4 plus plus plus. 


Monday, 22 February 2016

Review : Film 'I am Hope' Kekuatan Harapan, Cinta dan Keluarga


Hari Minggu, tanggal 21 Februari, di antara mendung manja, dan gerimis mesra, saya meluncur menuju Ciputra World di Jl. Mayjen Sungkono Surabaya. Rasanya sudah nggak sabar menanti acara meet dan greet dengan produsen dan para pemain film “I Am Hope” dan tentunya nobar film-nya.

Gaung film ini sudah saya dengar sejak sebulan yang lalu. Film yang menyedot banyak perhatian, karena diawali dengan gerakan yang dinamakan Gelang Harapan, “Bracelet of Hope” . Melalui gerakan inilah, mereka menebar banyak harapan pada banyak orang. 

Give Away Jejak Kaki Misterius


Judul : Jejak Kaki Misterius

Penulis : Riawani Elyta, Kayla Mubara, Pujia Achmad, Dian Onasis, Diannur Fajria, Afin Yulia, Anik Nuraeni, Yurie Zhafiera, Hairi Yanti, Erlita Pratiwi, Ilham Fauzi, Binta Al Mamba, Wawat Smart, Vanda Arie

Lini : Lintang
ISBN : 978-602-1614-86-0
Harga : 30K

Order : SMS/WA ke 0819 0471 5588

Friday, 12 February 2016

Review Film Dilarang Masuk! Horor Berbalut Komedi Ternyata Seru.



Saya mendapat undangan nobar tanggal 11 Pebruari 2016 kemarin, dan awal mendengar judul filmnya "Dilarang Masuk!" saya masih belum nggeh ini film apaan? Kok judulnya nggak niat banget. *haha dikeplak free pass nonton gratis sak gebok. Karena jamnya setelah pulang kerja, dan lokasinya di Delta Surabaya dekat dari kantor, ya cuzz saja. 

 Masuk lokasi twenty one Delta Plaza Surabaya, rada keder juga. Ini saya nggak salah masuk? Kok dipenuhi ABG begini. Dan di sudut terlihat orang-orang pada ngerubungi sesuatu. Ohh... rupanya ini acara road show film "Dilarang Masuk! yang akan tayang serentak tanggal 24 Maret 2016 nanti. Dan kali ini para artis-artis pendukungnya hadir juga di tengah acara road show dan premiere film-nya.

Friday, 5 February 2016

Gerakan Gelang Harapan Mewujudkan Harapan dan Impian Lewat Film I am Hope The Movie



  

Pertama kali, saya mendengar 'I Am Hope The Movie' dari sebuah komunitas yang digandeng oleh Wulan Guritno, dalam project  nobar I Am Hope The Movie.

I Am Hope The Movie adalah sebuah film yang bercerita tentang seorang penderita kanker. Sepertinya tema ini sudah biasa dan tidak istimewa lagi. Lalu apa yang membuat film 'I Am Hope' istimewa?

Perjalanan panjang yang melatar belakangi lahirnya 'I Am Hope' dan misi lanjutan dari gerakan 'Gelang Harapan' #BracheletofHope adalah yang menjadikan film ini istimewa. Apalagi misi Film ini bukan untuk komersil. Hasil dari film ini murni untuk Charity. Pasti akan bertanya lagi, apa sih Gelang Harapan itu?

5 foto yang menyimpan kenangan di tahun 2015 menurut Facebook





Tahun 2015 sudah pergi lebih dari satu bulan yang lalu. Dan saya baru ingat belum menuliskan kenangan  apapun di tahun 2015 lalu. Biasanya saya juga sok-sok an bikin resolusi di tahun mendatang,  dan mencatatat beberapa jejak sepanjang tahun yang hampir usai. Dan saat saya ngulik-ngulik facebook, nggak sengaja melihat beberapa teman main-main quiz dari facebook. Dan sayapun penasaran ikut-ikutan. dan hasilnya yang muncul adalah gambar di atas itu.

Friday, 29 January 2016

Viody, Mitra Muslimah Berbusana Syar’i, Ekslusif, dan Elegan

“Ibu, kalau membelikan aku jilbab yang ukurannya L ya, pokoknya yang besar, yang nutupi lengan, dada, sampai pinggang ! Jilbabku beberapa sudah  nggak bisa dipakai, kekecilan. ”

Itu adalah pesan si Kakak waktu liburan semester kemarin. Awalnya saya agak kaget, masak sih jilbab-jilbabnya sudah kekecilan? Saya baru sadar, kalau dia sekarang sudah SMA. Alhamdulillah, lingkungan sekolahnya juga yang ikut andil memahamkan, bagaimana seharusnya berbusana sesuai syariat bagi muslimah. Makanya saya juga berusaha berbusana syar'i, malu kalau diprotes dan diceramahi anak-anak * Senyum simpul, rapikan jilbab syar'i  :)

Alhamdulillah, sekarang ini sudah banyak muslimah baik remaja ataupun para ibu yang semakin sadar untuk menyempurnakan cara berpakaian. Meskipun begitu, sebagai wanita tentunya tidak menutup mata untuk tetap bisa tampil fresh, dengan busana yang enak dipakai, rapi, dengan model dan paduan warna serasi.   Kini sudah banyak sekali toko busana, butik, usaha konveksi yang membidik pangsa pasar untuk muslimah. 
Wednesday, 27 January 2016

Food Junction Grand Pakuwon, Destinasi Kuliner 3 in 1 di Surabaya Barat

Menjelang akhir pekan atau liburan sekolah, saya seringkali kebingungan mencari destinasi wisata di Surabaya dan sekitarnya. Apalagi buat saya, katagori emak-emak hemat, yang suka jalan-jalan asik tapi kalau bisa dengan anggaran seminimal mungkin. *ditabok segepok voucher gratisan

Kalau untuk anak-anak dan remaja baru gede, memang destinasi-destinasi di Surabaya masih kurang greget dan beragam. Makanya jadi mikir, enaknya kemana ya, tanpa perlu ke luar kota, tapi bisa menikmati waktu bersama keluarga. Pucuk dicinta ulam pun tiba, kini saya tidak perlu bingung lagi jika tiba liburan akhir pekan. Karena di Surabaya baru dibuka sebuah destinasi yang beber-bener gress, yang bisa menjawab kebingungan saya mengisi waktu libur. 

Saturday, 23 January 2016

Melatih Motorik Halus, Main Bekel dan Congklak Aja!

Hmm... kalau melihat anak-anak sekarang, seringkali merasa bahagia dan bangga banget pernah mengalami kebebasan dan keseruan masa kanak-kanak dulu. Rasanya masa kanak-kanak generasi seusia saya adalah masa kanak-kanak paling indah deh.*nggak usah ambil kalkulator untuk ngitung umur saiah haha.

Ingat-ingat masa kecil, sepertinya tidak ada waktu tanpa bermain. Mau apa coba kalau nggak bermain. TV juga masih hitam putih, itupun cuma satu chanel. Acaranya juga itu-itu saja. Paling hari Minggu nunggu serial Unyil. Selebihnya waktu luang dihabiskan untuk bermain. Bermain, tanpa rasa takut ditabrak pengendara sepeda motor ugal-ugalan ataupun takut diculik.
Monday, 18 January 2016

Keripik Pisang Gobana, Cemilan Enak dan Sehat yang Mendunia

“Ibu, sekarang aku takut jajan di sekolah! Aku bawa cemilan saja dari rumah.”

               Protes si Bocah suatu hari. Rupanya Ia minta kembali membawa bekal camilan dari rumah. Menginjak SMP, Aisyah memang jarang bahkan hampir tidak pernah bawa bekal kue-kue. Dia cuma membawa bekal makan siang dan uang saku. Alhamdulillah… ternyata kebiasaan ngemil sehat, dengan makanan rumahan, atau membeli jajanan tertentu dengan melihat komposisinya terlebih dahulu sangat membekas pada anak-anak. Sehingga mereka juga sangat selektif jika beli jajanan di luar rumah.

            Sering banget saya kehabisan ide, sekaligus rasa males yang kadangkala menyerang kalau harus ‘nguplek’ terus di dapur bikin camilan ini itu. Jalan keluarnya ya beli camilan yang sudah jadi. Seperti umumnya anak-anak pasti sangat suka camilan kriuk-kriuk yang gurih, manis aneka rasa.

             Saya lebih suka beli camilan home made yang timbangan itu. Salah satu tempat favorit saya belanja camilan di Sidoarjo ya di Roemah Snack Mekarsari. Tokonya yang luas dengan aneka camilan yang tersedia membuat puas.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...