Saturday 10 November 2012

Zebra Cross (Apa Fungsimu?)

Kondisi Zebra Cross di ambil dari Sini


             Sebagai pejalan kaki, saya sering merasa tidak mempunyai hak di jalan raya. Jalan raya yang padat dengan lalau lalang kendaraannya, hampir semua ruasnya tersita oleh kendaraan bermotor. Bahkan bahu jalan, dan trotoarnya yang notabene hak pejalan kaki seringkali dirampas saat lalu lintas padat dan macet.
Yang paling bikin miris hati, zebra cross yang disediakan untuk menyebarang para pejalan kaki agar lebih aman pun, dirampas oleh para pengemudi kendaraan, terutama kendaraan roda dua. 

        Sepertinya para pengendara sudah tak bisa mengenal warna , hingga zebra cross yang jelas terlihat berwarna hitam putih diterjang. Seharusnya, saat mendekati traffic light yang menyala kuning, atau merah, para pengendara mengurangi laju kendaraannya. Dan ketika lampu merah menyala, mereka seharusnya berhenti di batas yang telah ditentukan.

       Tapi pada kenyataannya, kebanyakan para pengendara melaju terus hingga di atas zebra cross bahkan di depannya. Akhirnya para penyeberang jalan sering bingung dan ngeri saat menyeberang. Bagaimana tidak ngeri, saat lampu hijau tanda aman menyeberang menyala, para pengendara terus saja melaju kencang. Mereka melewati batas, berhenti di atas hinga di depan zebra cross.

      Karena berhenti di atas zebra cros, akhirnya penyeberang harus berjalan di sela-sela kendaraan. Sungguh sangat tidak nyaman. Rasanya gemas, hak saya sebagai pejalan kaki benar-benar tidak hiraukan. Apalagi saya termasuk segelintir orang yang takut menyeberang :)) Terlintas pikiran apa sebaiknya di semua ruas jalan sebelum zebra cross atau traffic light , dibuat polisi tidur atau garis kejut. Agar para pengendara terpaksa mengurangi laju kendaraannya. Atau yang lebih ekstrim lagi, di ruas jalan yang ramai, selain garis kejut bisa ditambah palang pintu lampu merah. Agar para pengguna jalan raya yang hendak menyeberang merasa aman dan nyaman, menyeberang di tempatnya.

*Cuap-cuap karena sebal dan gemas, wong sudah menyeberang di tempatnya, saat tanda lampu hijau dengan gambar orang berjalan menyala, eehhh ... tetap saja kendaraan-kendaraan itu nyelonong.

7 comments:

  1. malah jdnya mengambil hak pejalan kaki ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bund, sebagai pejalan kaki suka sebel dan sakit hati banget :D

      Delete
  2. Sekarang ibu2 jg pada bawa mobil, jadi kalau jemput anak sekolah jalanan sesak, macet, zebra cross pun jadi tempat parkir karena nggak ada lagi tempat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, iya sekarang satu mobil untuk satu orang. Dulu kan satu mobil untuk rombongan ya... :)

      Delete
  3. paling kesel kalau ternyata trotoar untuk kita berjalan kaki dengan santai, kok malah dijadikan jalan alternatif untuk sepeda motor.
    kesel juga . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul mbak, apalagi klo pas jalanan macet, tuh sepeda motor nerabas sampai merampas trotoar :((

      Delete
  4. Mantap..
    Kunjungan spesial untuk mu..:)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...