Thursday 2 August 2012

Giveaway : Mozaik Cerita Masa Kecil


Ngomongin cerita masa kecil, ingatanku langsung lari ke sosok seorang gadis kecil berwajah tirus, langsing, cengeng, dengan ekor kuda melambai-lambai atau rambut dikepang dua dihiasi pita warna-warni.  

gambar dari sini

          Eh, meski sosoknya terlihat tak berdaya, dia hebat loh... umur 10 tahun sudah bisa ngemong 4 orang adik.  Tuuhh ... hebat kan! 

          Kenalkan, gadis kecil itu aku.  Orang-orang biasa memanggil nama kecilku, Arie.  Saat tiba waktu bermain sepulang sekolah, kami, (aku dan 3 adikku) paling susah disuruh tidur siang,  dari pada bikin ramai dan ribut di rumah, dan menggangu adik bayi, Mama biasanya menyuruh kami bermain di luar.

          Tempat main favorit kami adalah di halaman depan musholah di seberang rumah. Halaman yang luas dan rindang, membuat anak-anak kecil betah bermain di sana.  Iwan, adik lelaki-ku sudah melesat paling depan, sibuk dengan kelereng, main glatik atau layangan.  Aku harus sabar mengandeng dua adek perempuanku.  Mainan favorit kami petak umpet,  main sumpringan (loncat tali pakai karet yang dijalin), main jangka,  hmm biasanya daerah lain menyebutnya engkle.  Pokoknya mainan yang seru dan murah meriah.  

          Saat tiba waktu sholat , anak laki-laki berebut memukul kentongan.  Dan adikku termasuk salah satu yang bandel.  Dia suka sekali memukul kentongan sebelum waktu sholat tiba, Bisa ditebak dong.... orang-orang yang lagi pada enak-enakan tidur siang pada bangun tergagap, dikira waktu Ashar tiba. Biasanya setelah memukul kentongan palsu itu,  adikku akan lari ngacir sembunyi :D .  Eh, kok jadi membahas adikku yang bandel sih.

          Waktu kecil, kendaraan pujaanku adalah becak.  Suerr.... cinta mati banget sama becak.  Kalau bisa,  ke Jakarta atau  Surabaya ya naik becak aja.  Kenapa? Karena, aku pemabuk berattt ! Apapun bentuk dan namanya , mau mobil, bemo, taxi, bis, angkot, oplet, mendengar mau diajak pergi naik nama-nama kendaraan itu, kepalaku langsung pusing, isi perut terasa mendesak-desak pada demo. Duuhh .... pokoknya tersiksa banget deh, kalau  harus naik kendaraan berbahan bakar bensin.  

          Jika dengan sangat terpaksa harus naik mobil, semua persenjataan harus dibawa.  Minyak kayu putih, tas kresek (jaga-jaga jika sebelum mobil berhenti, isi perut tak sabar berhamburan keluar), bawa benda yang berbau seger (biasanya sih kulit jeruk) dan  harus duduk di sebelah supir atau dekat jendela. Ada satu lagi, Mama biasanya menutup pusarku pakai tensoplast (aku nurut saja, meskipun nggak ngefek sama sekali)  Dengan persiapan seperti itupun, bisa dipastikan, sampai tujuan, aku sudah lemas tak berdaya.  

          Alhamdulillah yah... penyakit mabuknya semakin besar berkurang meski tidak bisa hilang sama sekali.  Apalgi kalau harus naik mobil yang pakai AC dan bau pewanginya menyengat.  Duuhhh ... mending jalan atau panggil becak aja deh . Penyebab dan cara menanggulangi mabuk kendaraan bisa coba dilihat di sini  dan di sini yaa… 

          Kalau lagi bulan Ramadhan kayak sekarang ini, pasti ingat masa puasa jaman kecil dulu.  Paling suka ngumpulin dan nyembunyikan makanan untuk berbuka.  Padahal pas sudah waktunya berbuka, bingung mau makan yang mana dulu.  Paling seru pas nunggu waktu buka, berjejer-jejer di belakang atau depan rumah, sambil melihat satu titik di langit.  Menunggu dung. Di kotaku (Tegal) waktu berbuka ditandai dengan bunyi petasan raksasa yang dinyalakan di depan Masjid Agung, suaranya menggelegar dengan diikuti percikan api dan  kepulan asap di angkasa.

          Kalau disuruh cerita kisah masa kecil, kayaknya nggak ada habisnya.  Tapi berhubung, ini nulisnya sudah mepet waktu yang dikasih sama Mak Winda dan aye sudah ngantuk, ya sudah diakhiri sampai disini aja ye... :) 

"Mak,ane ikutan giveaway-nya ye,mak! Kasih ane hadiahnya yang Buku Memeluk Mimpi Mendayung Harapan (Alberthiene Endah) ya! "

Atau kalau boleh pilih 2, satunya kaos EURO 2012 ya! hadiah buat suami tercintah :)) 

 
         

6 comments:

  1. berkunjung ya mak Vanda..salam kenal.. :)

    seru ya mak cerita kecil itu..dari kemarin2 udh pengen posting jg cerita masa kecil tapi taunya telat soal GA inih..

    eniwei..smoga tulisannya menang ya.. ^_^

    ditunggu kunjungan baliknya ya mak di http://titaokti.com..tks

    ReplyDelete
  2. waww, maak...saluuut ngemong 4 adek....:) aku suka bacanya deh, pengalaman yg manis, walaupun pas bagian mabuk kendaraannya gk manis sih...hihihihih....
    makasih ya mak udah ikutan #GABlogEmakGaoel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Maakk ... sudah ngintip ke mari. meski nggak menang ikut senang bisa ngeramaikan ulatahmu dan nambah sahabar ^_^ Happi besdey Maak:)

      Delete
  3. Izin nyimak aja sobb hehehe...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...