Tuesday 7 August 2012

Aku, Sholat Shubuh, dan Gadis Kecil-ku

Bismillahirrahmaanirrahiim ...

Kembali aku harus berurusan dengan tangisan dan ngambekan Gadis Kecil itu. Bukan perkara mainan atau bukunya yang hilang. Tapi perkara yang membuat saya bersalah, merasa berdosa, tersenyum kecut, bahkan gemas melihat wajah polos dan mata bintangnya berkabut dan luruh menjadi hujan.

Berawal dini hari tadi, seperti biasa Gadis Kecil itu kubangunkan setengah jam sebelum tanda untuk segera mengahiri aktivitas makan dini hari sebelum berpuasa berkumandang. Biar dia tak terlalu lama menunggu waktu shubuh. Karena jika terlalu lama, bisa dipastikan dia akan kembali terlelap, tak kuasa menahan kantuk yang memberati matanya.

Dan tadi pagi saat waktu shubuh tiba, “Aku tidur-tiduran sebentar,” celotehnya. Aku segera beranjak mengambil air wudhu, rasa sejuk mengaliri wajah hingga ke ujung hatiku. Bergegas aku kembali ke kamar, terlihat dia sudah terlelap. Aku goyang badannya, tepuk kedua pipinya tak bergeming sedikitpun, rupanya rasa ngantuk hebat menyerang dan tak bisa dilawan. ”Ayo! Ibu sudah siap loh ya... nanti ketinggalan, sholatnya tidak tepat waktu.” Biasanya jika sudah mendengar suaraku, dia akan segera bangun, menuntunnya ke kamar mandi. Basuhan air wudhu akan membuat matanya berbinar dan senyumnya mengembang.

Pagi ini dia benar-benar tidak bergerak, diam nyenyak dalam tidurnya. Suara imam di musholah tak terdengar lagi, terdengar langkah kaki beriringan dari jalan di depan rumah, tanda sholat berjam'ah telah usai. Akhirnya kuputuskan untuk menghadapkan wajahku tanpa gadis kesil itu di sampingku.

Setelah usai melangitkan gumpalan doa-doa, sambil berbaring di sebelahnya aku tepuk-tepuk kembali pipinya. Dia tidak bangun, justru aku yang ikut terlelap memeluknya. Dari sinilah bencana itu berawal ....

Esoknya, (sekitar dua jam kemudian) dia bangun. Tidak ada reaksi apa-apa. Pagi berjalan aman dan damai. Saat tiba waktu sholat Dhuhur, tiba-tiba dia bertanya “Tadi aku sholat shubuh enggak?” dengan kejujuran sepenuh hati aku menjawab, “Enggak, kan tadi pagi dibangunkan ngak bangun-bangun.”

Ternyata kejujuranku mengundang hujan badai, “Hwaaa... “ Dia langsung berlinang air mata. Nangis di pojokkan lemari, dengan perasaan campur aduk antara menyesal, berdosa, marah dan sebagainya.

Segala jurus bujuk rayu dan diplomasi menemui jalan buntu. Tak ada jalan lain, aku harus berakting. Aku tersenyum sambil memeluk dia, dan berkata kalau aku tadi cuma bercanda. Langsung meralat ucapan dengan kalimat “Maaf, maaf... tadi Ibu cuma nggoda kok. Tadi sholat shubuh, habis itu langsung tidur lagi. Tadi sholat shubuhnya sambil ngantuk, jadi tak terasa”

Mendengar kalimat itu, semula dia hanya diam mematung, matanya menatapku memastikan. Setelah aku meyakinkan dengan tatapanku, dalam sekejap matanya langsung berbinar, cerah lagi, menyusut air mata dan langsung mengambil air wudhu untuk sholat dhuhur.

Ya Alloh... ampuni aku, telah berbohong. Tak tega melihat kesedihannya, tak tega melihat dia menangis dengan rasa berdosa yang teramat dalam menyelimut wajah dan matanya.

*****
*Adegan di atas adalah adegan di hari Minggu 5 Agustus 2012, di hari ke 16 Ramadhan.

Eh, kebohongan saya termasuk bohong yang dibolehkan enggak ya??? semoga.

Dulu... waktu masih kelas bawah, (kelas 1,2,3) kalau kelupaan tidak sholat dia biasanya dengan tenang merangkap sholatnya. Tidak peduli dengan aturan yang penting sholat 5 waktu . Biasanya dia dengan santai sholat subuh jam 6 pagi, merangkap sholat shubuh dengan dhuhur atau Ashar dengan maghrib (dengan catatan kejadian lupa sholat di hari Sabtu atau Minggu) Sebab kalau hari sekolah insyaAlloh bisa lebih mudah sholat lengkap 5 waktu.

Saat menginjak kelas 4, karena di buku penghubung beda kriteria yang harus di cheklis, bukan cheklis sholat per waktu, tapi sholat 5 waktu tepat waktu. Jadilah tantanganku juga semakin berat.

Apalagi Bulan Ramadhan seperti ini, ada lembaran khusus untuk kegiatan ibadah. Dan sudah tertanam untuk mengisinya dengan jujur, dan dia tidak rela kalau cheklistnya ada yang kosong. 
 
Sebenarnya, beberapa hari yang lalu pernah terjadi juga, gara-garanya, Emaknya lupa tidak membangunkan sholat tahajud. Whaa.... seperti biasa, suasana penuh tangisan haru diselingi rayuan dan permintaan maaf. 
 
Yaa... begitulah, semoga semangat ibadahnya tetap terpelihara sampai dia baligh dan dewasa nanti. Aamiin .... Efek positifnya, Emaknya jadi malu, dan mau tidak mau harus memberi contoh yang lebih baik ^_^

2 comments:

  1. buku cheklist sholat itu ternyata bisa membantu anak2 utk lebih rajin sholat ya :)

    ReplyDelete
  2. Iya Bund, Emaknya jadi harus kasih contoh lebih, sering kena protes dan demo :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...